Pencarian

Memuat...

Sabtu, 30 Juni 2012

BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER


BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER

Kenal internet belum tentu mengenal bagian dari komputer. Apa saja sih yang disebut komputer itu. Disini akan dijelaskan dengan gambar.
Yang pertama, tentu saja bagian terpenting yaitu CPU (central Processing Unit), yang berfungsi sebagai otak tempat proses komputasi berlangsung.

 
Itu adalah tampak luar cpu atau kulitnya, sering juga disebut casing. Sedangkan didalamnya bermacam alat teknis berada disitu, mulai dari processor, memory, VGA, power supply dll. Tentu perlu pembahasan teknis untuk mengulas semua itu.

Nah, ini bagian inputnya yang terdiri dari keyboard dan mouse. Tahun 1990-an input device hanya berupa keyboard saja. Perkembangan selanjutnya mulai muncul mouse, pen (berbentuk pulpen). Saat ini sudah ada yang input device berupa sentuhan jari (touch screen) dan suara (kalima perintah). Yang umumnya dipakai untuk komputer rumahan adalah keyboard dan mouse. Fungsinya tentu saja untuk memasukan data.

Yang terakhir yaitu monitor, output sementara, karena hanya tampak buat sementara saja di layar. Fungsinya untuk melihat hasil input ataupun program yang sedang aktif. 
 
VGA Card

VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
Seperti apa bentuk VGA card tersebut? Silakan amati gambar dibawah ini.

Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.
VGA card yang terlihat diatas merupakan VGA tambahan, bukan on board (tidak menyatu dengan motherboard). Keuntungan VGA card non on board adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru apabila terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis komputer kita.

Casing

Casing merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. Bentuk yang umum adalah kotak persegi, namun bisa dengan modifikasi bagi mereka yang senang mengotak-atik casing ini.
Selain sebagai pelindung CPU, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya, casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlah nya bisa lebih dari satu buah.
Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama CPU, seperti motherboard, vga card, soundcard dan lain-lain.
Sebagai pelindung, casing bermanfaat melindungi bagian dalamnya dari kotoran atau debu, dari benturan dengan benda lain, sehingga bagian-bagian yang vital akan aman dan tidak cepat rusak.
Selain fungsi primernya tersebut, casing juga dapat tampil dengan berbagai macam warna dan bentuk yang sesuai dengan keinginan kita. Tentu saja casing hasil modifikasi ini harganya lebih mahal.
Yang terpenting dalam pemilihan casing adalah fungsi utamanya. Sehingga komputer kita berada dalam keadaan yang aman dan terlindungi.

Power Supply

Masih bagian dalam komputer, yang tersimpan dalam CPU yaitu power supply. Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis ATX. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
Bagian belakang terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Juga terdapat fan atau kipas angin, yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau motherboard.

Tentu saja listrik yang mengalir sudah minim atau diperkecil. Sedangkan di power supply itu sendiri voltase listrik masih besar, sehingga dilarang keras menyentuhnya.



Tulisan ini lanjutan dari sebelumnya yang membahas isi dari CPU. Kemarin sudah membahas mengenai motherboard, kali ini kita akan membahas processor. Apa sih processor itu? Bagaimana bentuknya? Fungsinya buat apa?

Dibawah ini akan coba dijelaskan apa itu processor.
Processor merupakan bagian yang sangat penting dari komputer. Ia bisa diibaratkan sebagai otaknya komputer. Yaitu suatu sirkuit elektronik yang berfungsi secara logik merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.

Bagaimana sih bentuknya? Coba lihat gambarnya berikut ini.
Itu adalah gambar processor yang terbaru, baik dari Intel maupun AMD.

Motherboard

Tulisan ini bagi yang ingin mengenal isi CPU, diantaranya motherboard atau mainboard. Merupakan bagian induk atau utama yang berada dalam CPU. Berfungsi sebagai papan circuit dari berbagai macam komponen pendukung lainnya.

Seperti apa sih bentuk motherboard tersebut? Di bawah ini adalah contoh gambar motherboard "Gigabyte GA-MA69GM-S2H".
 
Anda lihat bagian yang berwarna-warni itu?
Itu merupakan tempat dudukan untuk memasang card-card yang diperlukan, seperti VGA card, memory card, TV Tuner, Video card, dan lain-lain.

Tips dan Trik Anti Virus: Menghilangkan Virus Apapun yang menginfeksi Komputer (Windows XP) Anda Secara Mudah dan Murah (Tanpa Anti Virus)

Diterbitkan Sabtu, 30 Juni 2007
Tags:
artikel, internet, komputer, pengalaman, software, teknologi, tips dan trik

Ketika beberapa tahun atau bulan yangg lalu, seweaktu virus Brontok dan variannya menyerang dan booming seantero Indonesia., termasuk juga khususnya di Yogyakarta, banyak teman-teman saya yang kebingungan dan panik karena anti virus ternamanya tidak mampu mendeteksi virus ini. Begitu pula selanjutnya virus-virus lokal yang semakin menggejala di Yogyakarta waktu itu. Dan ternyata saya pun kemudian mengalaminya, komputer saya akhirnya terkena juga waktu itu (kalau tidak salah karena memang saya sengaja, pengen membuktikan, he he he).
Saya sampai sekarang masih setia menggunakan Norton AntiVirus 2005 yang masih terus saya update virus definitionnya tiap minggu, namun ketika boomin virus lokal terjadi, norton saya pun tidak mampu mendeteksi keberadaan virus tersebut. Dan beberapa kali pula virus lokal masuk ke komputer saya. Nah, selama saya menggunakan Widows Xp, saya mempunyai trik paling jitu untuk menghilangkan Virus atau membasmi Virus lokal ini secara cepat, mudah dan gampang. Dan tips dan trik berikut selama ini selalu berhasil menyelamatkan komputer saya dari kerusakan lebih karena virus. Apapun itu jenis virusnya.
Dari beberapa pembacaan saya mengenai cara menghilangkan virus yang saya dapatkan dari internet seperti situs vaksin.com, saya sering kali malah tidak melaksanakan anjuran yang diberikan di panduan menghilangkan virus. Seringkali anjuran menghilangkan virus yang diberikan oleh beberapa situs antivirus malah menyuruh kita untuk mematikan fitur restore point dan masuk ke safe mode. Nah dari situ kemudian kita berusaha menghilangkan virus secara manual. Ini tentunya memerlukan keahlian lebih dan sering kali melelahkan serta memusingkan buat para pemula seperti saya.
Lalu apa yang saya lakukan. Saya sering kali mencurigai komputer saya apabila terkena virus. Komputer saya bekerja tidak seperti biasanya alias menjadi sangat lambat atau bisa juga saya mendapati file-file tertentu yang sangat mencurigakan. Biasanya file-file tersebut berekstensi .exe. Contohlah kasus brontok yang iconnya sama dengan folder Windows XP namun memiliki file tipe application dan berekstensi exe. Ini hanya merupakan salah satu contoh. Saya kok yakin, jika anda sudah cukup mengenal sang komputer yang menemani hampir tiap minggu kegiatan anda, suatu perubahan kecil yang tidak biasa yang terjadi di komputer anda bisa anda ketahui.
Baru seminggu ini saya juga terkena virus yang saya tidak tahu apa sesungguhnya, bahkan namanya saja tidak tahu. Anti virus saya tidak mampu mendeteksi. Ini karena saya mendownload file dari suatu situs hacking, bentuknya zip file. Ketika saya ekstrak tidak terjadi apa-apa, namun ketika file tersebut ingin saya coba jalankan dan kemudian saya klik dua kali, eh ternyata tidak muncul apa-apa. Malah kemudian kerja prosesor saya selalu lebih diatas 80%. Hasilnya komputer saya melambat. Walaupun tidak ada file yang dihancurkan karena virus ini namun dengan infeksi yang mempengaruhi kerja prosesor saya –yang memang sudah kecil–, hal ini membuat saya semakin tidak nyaman.
Karena saya pikir virus ini sudah masuk ke memori, saya matikan saya secara manual (Tidak lewat shut down tapi langsung saya matikan dengan memencet tombol power lama). Dalam pemikiran saya mungkin dengan cara ini virus tersebut bisa hilang dari memori dan ketika dinyalakan virus tidak jalan lagi.
Sayangnya, cara yang sering saya lakukan terhadap virus yang sering menginfeksi memori ini tidak berhasil. Biasanya dengan cara langsung mematikan secara manual kerja virus bisa berhenti dan kita tinggal mendelete virus tersebut (pake shift delete, bukan delete biasa). Kemudian cara terakhir saya yang telah sering saya gunakan untuk mengatasi segala macam virus saya lakukan.
Saya matikan antivirus saya. Kemudian pergi ke applikasi:
Start >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> System Restore
Inilah yang biasa saya lakukan jika saya telah kehabisan akal mengatasi virus. Sedikit catatan mengenai System Restore. System Restore merupakan sebuah fungsi untuk mengembalikan settingan anda seperti semula seperti waktu penggunaan yang anda pilih. Setiap anda menginstal atau uninstal software, biasanya System Restore akan menyimpan Settingan lama anda sebelum anda mengistal atau uninstal software tersebut. Dengan cara ini setiap ekstensi exe atau aplikasi apapun yang terinstal sesudahnya akan dihapuskan atau dihilangkan. Termasuk Register Windows anda akan kembali seperti semula. Hal inilah yang bisa membikin virus hilang dari komputer anda.
Dengan cara ini anda tentunya tidak mengharuskan adanya instalasi antivirus di komputer anda. Akan tetapi seringkali ada beberapa virus yang secara otomatis mematikan fungsi restore point ini. Jika ini terjadi lakukan shutdown manual lewat tombol power atau cabut aja kabel anda, atau matikan listrik istilahnya (dengan resiko kemungkinan ada file yang rusak, tapi biasanya tidak terjadi kok), lalu boot dari safe mode dan restore dari sana ke settingan sebelum terkena virus. Biasanya berhasil kok, terutama untuk brontok selalu berhasil. Saya juga heran brontok kan sangat mudah dikenali secara visual kenapa kok bisa-bisanya terkena virus ini, mungkin bagi yang pemula kali ya? Ah gak tahu saya.
Anehnya, saya jarang menemukan tips dan trik ini dikajian situs-situs antivirus. Malahan mereka menyuruh mematikan fitur restore ini, kemudian dengan cara yang lumayan rumit dijelaskan cara-cara menghilangkan virus tersebut secara manual. Dan tentunya kemudian menyuruk kita lebih baik membeli dan memakai antivirus mereka yang mereka nyatakan sudah bisa mendeteksi dan menghilangkan virus tersebut. Mungkin ini merupakan trik bisni mereka sih.
Ohya, sekedar info. Akan lebih baik jika anda menyimpan dokumen anda pada partisi hardisk yang berbeda, karena biasanya virus menyerang partisi C tempat system windows anda bekerja. Dengan cara ini, jika komputer anda parah dan tidak bisa dikembalikan karena terkena virus, anda cukup melakukan instalasi ulang (format dan instal) windows anda kembali. Tentunya format dan instal di partisi C. Dengan demikian data anda di partisi yang lain tidak hilang.

TIPS SURFING INTERNET

Anda yang sering surfing internet tentu pernah mengalami browsing yang tiba-tiba menjadi lambat atau error. Ini bisa terjadi karena koneksi internet memang sedang buruk. Hal seperti ini tentu saja tidak bisa kita perbaiki secara mudah, karena berkaitan dengan provider internet yang kita pakai.
Tetapi apabila bukan disebabkan koneksi yang buruk, ada hal-hal yang perlu dilakukan. Diantaranya adalah seperti tersebut di bawah ini.
1. Cara yang paling mudah adalah me-restart komputer Anda.
2. Bersihkan harddisk dari file-file yang tersimpan selama Anda surfing, biasanya tersimpan di folder "Temporary Internet Files"
3. Untuk pengguna IE (internet explorer),gunakan langkah berikut:
- Klik menu "Tools" pilih "Internet options"
- Pada tab "General" pilih "Delete cookies", "Delete files", dan "Clear history"
- Maka harddisk Anda akan bersih kembali
- Dan masalah yang muncul saat browsing akan teratasi, karena cookies terhapus
- Fungsi cookies ini adalah mencatat aktivitas Anda saat mengunjungi website

4. Bagi pengguna Mozilla firefox gunakan langkah berikut:
- Pada menu "Tools" pilih "Clear private data"
- Tandai semua, termasuk cookies
- Lalu di menu "Tools" pilih "Options"
- Pilih tab "Advanced" lalu "Network" pilih "Clear now"
- Fungsinya untuk menghapus cache atau file yang tersimpan saat browsing

MEMBERSIHKAN VIRUS KSPOOLD

Virus Kspoold merupakan salah satu virus baru yang sangat cepat peredarannya. Hal ini diakibatkan penggunaan flashdisk sebagai media penyimpan file sementara. Dengan flashdisk kita akan mudah memindahkan banyak file. Resikonya adalah penyebaran virus.

Seringkali pengguna komputer membuka file tanpa memperhatikan jenis file tersebut. Karena virus kspoold ini mengubah file dokumen menjadi aplikasi. Sepertinya virus ini menyebar tanpa harus mengklik file yang terkena virus tersebut. Karena ini merupakan pengalaman pribadi.

Flashdisk yang bersih dari virus, begitu ditancapkan ke port USB komputer yang terkena virus.
Maka, berubahlah semua file dokumen menjadi aplikasi. Baik yang berakhiran .doc maupun .xls. Wah sempat bingung juga.

Tapi karena sudah pengalaman, file dokumen tersebut dibuka lalu disimpan dengan ekstensi yang berbeda.
Seperti file format .doc kita save as .rtf, untuk format .xls bisa kita simpan dalam format .xml spreadsheet. Tapi format .xml ini hanya bisa dibuka di office 2003.

Kalau dibuka di office sebelumnya, yang muncul hanya kode html saja. Tapi akhirnya saya cari juga di internet cara membersihkan virus ini. Dari salah satu blog, didapat caranya, sebagai berikut.
1. Jangan bersihkan virus tersebut menggunakan antivirus terlebih dahulu, karena semua file yang terinfeksi akan dihapus (delete).
2. Langkah awal, kita harus mematikan proses virus yang sedang aktif tersebut kemudian “merekonstruksi” file yang sudah berubah jadi exe tersebut menjadi file dokumen seperti semula.
3. Cek file dokumen yang ada di komputer, doc, xls, mdf, ldf, dbf). Apabila semua bertype application, berarti komputer memang bervirus.
4. Jalankan command prompt, dengan cara klik start - run, ketik cmd - enter, ketik services.msc. Lihat, apakah ada service Kprintspooler?
5. Buka windows explorer, cek file kspoold.exe apakah ada di c:\windows\system32\ (kalau ada berarti positif terkena virus).
5 point diatas menunjukkan ciri-ciri komputer terkena virus kspoold. Sekarang proses menghilangkan virusnya.
1. Matikan proses virusnya di service windows caranya :
- Matikan/disable antivirus anda
- Jalankan command prompt, dengan cara klik start - run, ketik cmd - enter,
- ketik services.msc.
- cari service dengan nama kprintspooler, matikan
- klik dua kali kprintspooler, pilih stop,
- kemudian di startup type-nya pilih disable.
2. Hapus file kspoold.exe di c:\windows\system32\
- Kalau tidak bisa dihapus, ubah ekstensi file nya menjadi yang lain, misalnya kspoold.exx, kemudian hapus.
3. Proses sudah dihapus dan file infektor nya juga sudah dibuang
- Restart komputer Anda.
4.
Aktifkan antivirus Anda, lakukan update virus definitions-nya.
Selesai, sekarang biarkan antivirus yang bekerja. Hati-hati dengan file-file yang sudah terinfeksi. Jangan biarkan antivirus Anda menghapusnya. Saya sudah coba menggunakan Norton antivirus, ternyata begitu virus terdeteksi, langsung dihapus. Berbeda dengan AVG yang meminta konfirmasi dahulu.

BERKENALAN DENGAN INTERNET

Ini definisi internet yang diambil dari ilmukomputer.com, terkesan ilmiah dan agak sukar dipahami bagi pemula.
Interconnected Network - atau yang lebih populer dengan sebutan Internet - adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung - secara langsung maupun tidak langsung - ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230 .
Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.
Internet selaras dengan era globalisasi saat ini, dimana batas-batas negara seperti hilang begitu saja. Dengan media internet ini, informasi dari belahan dunia manapun dapat kita terima. Tentu saja perkembangan teknologi ini bagai dua sisi mata uang, dimana disatu sisi dapat berpengaruh baik buat kita. Dan disisi lain juga bisa menjadi lahan kejahatan, pengaruh negatif pada penggunanya.

Tidak ada komentar: