Pencarian

Memuat...

Selasa, 26 Juni 2012

Contoh Kliping Olahraga : Vollyball/bola voli


OLAH RAGA
Volly Ball



Disusun oleh
  Nama              :  Ari Ardianto
         Kelas              :  3 TKJ

SMK Plus Perbankan Bougenville LUBUK BASUNG
TAHUN AJARAN 2008/2009

Bola Volly
1.             Pengertian Bola Volly
Bola volly adalah permainan yang dilakukan dalam dua regu, yang tiap-tiap regu terdiri dari enam orang. Bola dimainkan di udara dengan melewati net. Setiap regu hanya bisa mengolah bola tiga kali pukulan.

2.           Sejarah Bola Volly
Pada tahun 1895, bola volley sudah diperkenalkan oleh William G. Morgan, yaitu seorang tokoh pendidikan jasmani pada Young Man Christian Association (YMCA), di kota Holyoke, Massachussets, Amerika Serikat, sebagai olah raga rekreasi di ruangan tertutup.
Nama bola volly pertama kali diciptakan oleh W.G. Morgan yaitu Minonette. Dr. AT. Halstet dari Springfield, setelah melihat permainan Minonette mem-volly bola berganti-ganti, maka dia mengusulkan bagaimana kalau permainan tersebut diganti dengan nama Volly Ball.
Bola volley masuk ke Indonesia pada tahun 1982 yang dibawa oleh serdadu-serdadu Belanda, serta guru yang didatangkan dari Belanda ketika bertugas di Indonesia.
Prestasi yang pernah dicapai Indonesia adalah Juara Asia dalam Games IV tahun 1962, Ganefo I di Jakarta, Juara Putra Sea Games XI di Manila, Juara Putri Sea Games XII di Singapura.

3.          Fasilitas dan Perlengkapan Permainan
a.  Lapangan
Bola volley dimainkandi atas lapangan dengan ukuran panjang 18 m dan lebar 9 m. Di tengah lapangan di beri net yang membagi dua panjang tersebut. Lebar jaring net 90 cm, dengan ketinggian 2,43 m bagi putra, dan 2,24 m bagi m bagi putri.
Masing-masing bagian lapangan permainan itu dibagi menjadi 2 daerah, yaitu daerah serang sebatas 3 m dari net, dan selebihnya sebagai daerah pertahanan di bagian belakang. Para pemain berputar searah jarum jam, setiap permulaan servis.


 

                                                                                                                                                                   
                 9 m
 
                                                        18 m


 
                                                                                                                                                                           9 m




 
b.     Bola
Bola yang biasa dipakai terbuat dari kulit lunak dengan garis lingkar antara 25 sampai 27 inchi, dengan berat  sampai 9 ons. Di pojok lapangan tersedia lapangan kecil berukuran 3*3 m, untuk tempat pemain melakukan servis.

4.           Latihan Teknik Pass Bawah dan Pass atas dengan Berteman

a.     Latihan Teknik Pass Bawah
Dua orang saling berhadapan dalam posisi sikap normal, yang satu melempar bola, yang satu lagi menerima bola dengan cara pass bawah. Pada penerima, waktu tangan akan dikenakan pada bola, segera tangan dan lengan dalam keadaan terjulur kebawah kedepan lurus. Siku tidak boleh ditekuk kecuali lutut, kedua lengan merupakan papan pemukul yang selalu lurus keadaannya.

b.     Latihan Teknik Pass Atas
Dua orang saling ber hadapan dalam posisi sikap normal, yang satu melempar bola yang satu menerima bola dengan cara pass atas. Sebelum diuraikan tentang latihan pass atas, perlu kiranya diberikan penjelasan mengenai arti passing dan arti set-up. Hal ini memang perlu kiranya dijelaskan mengingat istilah itu sering disebut-sebut dalam istilah volley dan sering arti dari kedua istilah tersebut dicampur adukkan.

5.          Macam - macam servis
a.     Latihan Teknik Servis Bawah
1).   Sikap Permulaan

Ambil sikap berdiri dengan kaki kiri berada lebih kedepan dari pada kaki kanan dan kedua lutut ditekuk. Tangan kiri menyangga bola, sedangkan tangan kanan memegang bagian atas bola. Bola di lambungkan dengan tangan kiri ke atas sampai ketinggian kurang lebih meter di atas kepala. Tangan kanan segera ditarik ke belakang atas kepala, dengan telapak tangan kanan ke depan.

2).   Sikap Saat Berkenaan

Setelah tangan kanan berada di atas belakang kepala dan bola berada sejangkauan tangan, maka segera bola dipukul dengan cara memukul seperti pada smash.



b.     Tennis Servis

Serve dari arah depan. Tangan yang akan memukul bola harus lurus sewaktu menyentuh bola, jatuh atau dekat berdirinya si pemukul hendaknya disesuaikan dengan kondisi masing-masing si pemukul. Akan lebih efektif kalau dapat memukul bola dengan keras dan menukik ke bawah atau bergelombang.

c.      Smash

Angkat bola tinggi sesuai tinggi lompatan dan jangkauan si pemukul dengan tangan tetap lurus untuk memungkinkan kerasnya bola.
d.     Latihan Teknik Smash Tanpa Awalan

Pada saat melakukan smash tanpa awalan, sebaiknya kita dapat melompat setinggi mungkin, karena itu latihan melompat sebanyak mungkin. Latihan dasar yang harus dilakukan dalam melakukan smash adalah :

a.       Telapak tangan tebuka seperti akan melempar, jari-jemari tangan bercelah jadi harus tepat.
b.      Sebelum menyentuh bola, siku dilengkungkan, sedangkan menyentuh bola harus lurus, siku berada diatas pudak dan telapak tangan jauh di belakang badan, jangan di samping.
c.       Waktu telapak tangan menyentuh bola/smash, kedudukan telapak tangan di muka, dan badan harus condong.
d.      Dari kedudukan semula ke titik untuk melakukan smash, usahakan agar tidak banyak melangkah.
e.       Langkah terrakhir sebelum melompat, harus cepat dan kuat.
f.       Kedudukan tangan sewaktu melompat berada sejauh mungkin di belakang badan, ini akan memberi  lompatan yang tinggi.
g.      Kebanyakan melakukan smash dalam posisi badan agak miring ke kiri. Ini salah ! Seharusnya tangan sejajar dengan garis lurus badan.
h.      Badan diarahkan menghadap arah bola yang akan di pukul dan tangan terayun sejajar dengan garis lurus badan.

1 komentar:

ari ardianto mengatakan...

kurang kayaknya gan..